Sunday, November 18, 2012

0 Pentingnya Investasi

Udah ampir  dua minggu jadi pengangguran (baca: off schedule :p ), iseng-iseng ngupdate blog lagi nih. Tiba-tiba pengen ngebahas pentingnya investasi, jujur ane jg masi awam dan baru mulai dikit-dikit invest, tp apa salahnya ane share sedikit pengalaman ane yang masih hijau ini di dunia investasi. Cekidot!

Investasi vs Inflasi
Ane coba deskripsiin pake bahasa ane sendiri yah (deskripsi orang bodoh, haha..). Menurut ane investasi itu nyimpen barang, benda, atau apapun yang nilainya terus bertambah dari waktu ke waktu. Mau nyimpen logam (emas & perak), deposito, reksadana, dll. yang penting setelah ente simpen beberapa waktu terus pas dijual kembali harganya lebih tinggi dari pas bro & sist beli. Moga ga bingungin deskripsinya,hahah..

Terus apa itu inflasi? secara singkat inflasi bisa dideskripsikan sebagai penurunan nilai beli mata uang, karena di Imdonesia jadi penurunan nilai beli rupiah. Loh kok bisa?
Contoh gampangnya gini: dulu pas ane masih kecil inget banget dengan duit Rp 100 kita udah bisa beli kerupuk 1 biji, sekarang apa masih bisa? harga kerupuk 1 biji di warteg udah Rp 500 sob,haha..
Kenapa ada inflasi? ane belum mampu buat ngejelasin bagian yang ini, wakakaka..

Oke lanjut. Dari deskripsi di atas bisa tergambar jelas kan gimana ngerinya kalo kita "cuma" nyimpen duit aja sebagai bentuk dari kekayaan. Beda kalo sebagai contoh kita nyimpen emas. Misal pada tahun 2001 kita nyimpen emas 5 gram dengan harga per gram 200 ribu, terus pada 2012 berapa nilainya? Nilainya tetep 5 gram dengan harga per gram 500 ribu. Yup, emas atau investasi lain di sini berfungsi sebagai pengaman kekayaan, so harta kita ga ilang kegerus inflasi.

Terus gimana cara paling mudah buat mulai investasi? kalo menurut ane cara paling gampang itu lewat nyimpen emas & perak. 
Emas ada beberapa tipe, tapi yang ane demen tu emas LM  keluaran antam. Emas ini dilengkapi sertifikat yang berstandard nasional dan internasional. So, kalo misalnya suatu saat butuh mendadak kita bisa dengan mudah ngejual di toko-toko emas, pasti semua nerima dengan harga yang ga jauh beda ama spot pada hari itu juga.
Gimana dengan perak? ane nyimpen perak tp baru mulai banget. Gara-gara kemaren emas sempet nembus Rp 550 ribu per gram jadi selingkuh deh ke perak. Perak emang belum terlalu liquid kayak sodara kuningnya, tp di Indonesia penggunaan perak sebagai instrument investasi udah mulai happening bro. Antam jg nyediain perak, tp ane lebih prefer beli perak impor dari FJB kaskus, selain kadarnya lebih bagus dari emas antam, ada motif-motif yang unik & lucu pada koin perak atau bar-nya.

Ane nyimpen emas selain buat invest juga niatnya buat mas kawin nanti,hahaha..(amin). Saat mencoba buat mulai investasi, coba sedikit tips dari ane berikut terutama yang pengen invest di emas.

Pertama: Gunakan uang dingin, uang mandek
Yup, ini paling penting sob, jangan gunakan uang yang dianggarkan buat beli kebutuhan sehari-hari. Tar kalo pas lagi butuh kejadian tuh jilatin emas or perak pas laper,hahaha..

Kedua: Jangan mengharap untung yang singkat
Mungkin musti diubah mindset kita nyimpen emas itu buat investasi, investasi ga sehari, seminggu, bisa kasih kita untung kayak main ngepet-ngepetan,haha..Inget lagi emas disini berfungsi sebagai pengaman kekayaan, bukan penambah kekayaan. Slow but sure, petik hasilnya setelah beberapa tahun. Gunakan metode simpan dan lupakan.

Ketiga: Konsisten
Jujur ini ane juga masih susah nerapin. Konsisten emang paling susah kali yah. Konsisten yang ane maksud disini tu kalo misal kita mau invest di emas, kita buat kesepakatan dengan diri kita sendiri kalo bakal nysisihin duit buat beli emas minimal sekian gram tiap bulan.
  
Properti, muara dari segala investasi.
Apa instrument investasi yang ga bakal turun nilainya? alias bertambah terus?? yup, properti. Setelah bro & sist punya simpenan investasi dirasa cukup, segeralah konversikan menjadi properti, bisa tanah, sawah, kebun, rumah, kos-kosan, kontrakan, dll.
Nilai dari macam-macam properti ga mungkin turun, kecuali tar ditemuin planet baru yang bisa buat di tinggali manusia, haha..


Oke deh, sekian dulu bahasan tentang investasinya, semoga bermanfaat buat kita semua.

0 komentar:

Post a Comment

 

ajunland Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates