Friday, November 23, 2012

0 (Pen)cari Kerja Part 2

Ngupdate blog lagi, kali ini ane mau sharing perihal masa-masa penuh perjuangan ane pas bergerilya mencari lowongan kesana kemari,hehe..Pokoknya dulu tiap hari tuh ga pernah absen mantengin situs-situs penyedia info loker, dari yang web kampus, ampe web perorangan. Semua itu ane lakuin demi masa depan yang lebih baik,wkakakaka.. #lebay

Bicara saat bro & sist pada mutusin buat nyari kerja itu harus siap dan bisa memanfaatkan semua sumber daya yang ada, mulai dari siap-siap ngeboong ke bos yang sekarang karena cuti ngedadak, kalo ada panggilan tes, curi-curi ngescan & ngeprint berkas-berkas buat di kirim, dan musti siap perjalanan jauh kalo ente lokasinya ga dikota besar macam: Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya.

Oke langsung ke inti bahasan yak (* kaya dosen aja..), ane sedikit share gimana sih nyari lowongan kerja yang ane dulu lakuin.Cekidot semoga bermanfaat.

Pertama: Manfaatkan hubungan pertemanan
Yup, cara yang ini paling ampuh sob. Makanya tar kalo udah pada lulus jangan pada putus tali silaturahmi ama temen-temen ente pada. Manfaatkan pula jejaring sosail macam twitter, FB or yang lainnya buat bisa tetep berkomunikasi. Terus jangan sungkan buat ngucap "Eh, di perusahaan lu lg ada lowongan gak?" nanyanya ama yang udah kerja yah, jangan ama yg lagi nganggur, tar kena damprat, hahaha..
Selain ama temen pas kuliah, bisa juga lewat alumni. Kebetulan ane ikut milis alumni jurusan. Banyak banget deh alumni-alumni yang nawarin lowongan kerja.
Enaknya kalo dapet lowongan dari temen/ alumni langsung tuh biasanya mereka lagi butuh banget, jadi biasanya syarat-syarat ama tahapan testnya tuh ga ribet, terus saingannya dikit, soalnya biasanya mereka cuma ngumumin lewat japri aja.
 Lewat temen juga bro &sist bisa nitip CV. Ini jg udah ane lakuin, nanti biasanya kalo disana ada lowongan yang diliat dulu tuh CV yang udah ada, so, kita jadi sedikit lebih maju dari yang lain.hehe..

Jaga silaturahmi juga ga ada ruginya sob ama teman lama, saran ane baik-baikin juga temen-temen lama lu yang tinggal di kota-kota berikut: Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogja. Kalo ada temen yg tinggal di kota tersebut usahain keep contact, dan kalo ketemu jangan lupa ajak-ajakin makan, ngopi-ngopi juga. Percaya deh suatu saat ente pasti butuh mereka yang tinggal di sana. Minimal buat numpang nginep kalo ente ada panggilan interview or ikut job fair #trustmeitswork hahaha..

Kedua: Online
Apa sih informasi yang ga disediain lewat online sekarang? Malah kalo ada lowongan, tapi lowongan itu gak disebarkan secara online langsung diragukan tuh lowongan. Makanya, kalo pada online jangan cuma main FB ama twitteran,hahaha..
Ane dulu tiap hari, bahkan mungkin tiap jam online buat buka web lowongan agregrator, macam: jobscdc.com, jobstreet.com, jobsdb.com. Jangan lupa bikin akun di situ mas mbak, biar gampang update lowongan terbaru.
Selain itu yang wajib ente liat & cek terus itu web-web penyedia lowongan yang resmi dari kampus, macam: cdc UGM, ecc UGM, cdc UI, ma yg ITB & ITS, Polban jg oke buat yang D3 (google aja buat alamat pastinya, ane lupa-lupa inget soalnya). Jadi member juga disitu, terus bikin CV yang complete. Kalo jd member biasanya ada fasilitas khusus pas ada event yg mereka slenggarain macam career day.

Keuntungannya kalo dapet lowongan lewat online yah ga terlalu capek pas nyetorin berkas-berkas. Tinggal upload, terus kirim lewat email or diupload di websitenya. Makanya siapin tuh scanan berkas-berkas macam: ijazah, transkrip, akte, dll. Kekurangan kalo apply online tu cuma satu: saingannya banyaaaakk..Dulu pas ane apply online PGN (perusahaan gas negara) pesertanya ampe puluhan ribu, apalagi kalo udah perusahaan favorite or BUMN, pasti saingannya banyak. Tapi ga usah pesimis bro, rejeki gak bakalan ketuker :).

Ketiga: Career Day, Job Expo, etc.
CD (career day) or job expo biasanya di adain ama kampus-kampus pas musim wisudaan. Jadi biasanya acara rutin tahunan dari kampus. Keuntungan ikut CD tuh sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, kenapa? banyak banget perusahaan-perusahaan yg buka lowongan di situ. Siapin deh berkas yang banyak, biar gak kekurangan kalo mau apply, terus bawa soft copynya juga, biasanya disedian tempat juga buat yang mau ngeprint berkas. Kekurangan ikut career day itu: capekkkkk!!. Capek ngantrinya, capek muter-muternya. Ane dulu pernah dateng ke career day UGM, apply PLN. Udah ngantrinya panjang ampe seharian, eh gak lolos #ngenes hahaha..

Saran ane, kalo ente dateng ke career day ente musti udah punya target-target perusahaan mana aja yg mau ente apply, terus jangan lupa, biasanya kalo kampus nylenggarain CD, ente pantengin web yang bersangkutan, soalnya biasanya perusahaan ama lowongan apa aja yang dibuka beserta detailnya di umumin juga lewat web. So, jangan sampe ante ada berkas yang kurang.

Tambahan lagi, ini ga tau jadi kekurangan atau kelebihannya CD. Biasanya, biasanya loh yah, perusahaan yang buka lowongan di CD tu proses recruitmentnya bakal simultan, mulai dari test tertulis ampe interview di lakuin beberapa hari berturut-turut. Buat yang masih nganggur okelah, tapi kalo buat yang udah kerja.... #shit.

Keemapat: Mati satu tumbuh seribu
Cara ini ane belum pernah nyobain, dulu pengen nyobain tp keburu dapet perusahaan yang sekarang? Kenapa mati satu tumbuh seribu? yup, cara ini cuma dilakuin ama orang-orang yang pantang menyerah,hahaha...Detailnya? Mau tau aja apa mau tau banget? wkwkwkkwkw..
Oke berikut lanhkah-langkahnya: Ente kumpulin email dari HRD perusahaan sebanyak-banyaknya. Terus enete kirimin deh CV by email ke semua list HRD tersebut.hahaha.. Berhasil atau enggak? biar Tuhan yang menjawabnya.haha..

Keuntungan: Ga ada, soalnya belum tentu tuh perusahaan lagi buka lowongan. Tapi mungkin 99% lagi ga nyari lowongan, 1% lagi nyari. Kita cuma butuh 1% nya aja sob buat ngubah hidup jd lebih baik, hahaha..
Kerugian: Ga ada, email bisa online lewat hape, paling tar dapet balesan maki-maki dari tuh HRD,hahhaha.Tapi lebih baik kan daripada cuma berpangku tangan mengharap mukjizat dari langit..


Oke deh, segini dulu yaaahh lanjutan tips & trik nyari kerjaan. Lain kali disambung lagi sahringnya..

0 komentar:

Post a Comment

 

ajunland Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates