Tuesday, November 13, 2012

0 (Pen)cari Kerja Part 1

Lagi nganggur di rumah ni, tapi bukan pengangguran. Di kerjaan sekarang emang sistemnya gini, setelah pulang dari site, terakhir di teluk Bintuni, West Papua, selama 30 hari (30 hari mencari beras gitu,haha..) pasti dikasih off/ libur. Harusnya sih liburnya 1:1 ama waktu di site, tapi biasanya baru 1-2 minggu off udah ditelpon suruh naik ke site lagi. 

Kali ini ane pengen share tentang nyari kerjaan buat bro & sista semua. Buat ane nyari kerja tu kaya nyari jodoh, susah-susah gampang. Beneran!! Ane dari pas lulus kuliah Oktober 2010 udah sekali pindah perusahaan. Sebelumnya di Polytron, sekarang di Halliburton. Kenapa pindah?? cukup ane dan Tuhan yang tau.hahaha..
Kaya yang udah ane bilang di atas, nyari kerja tu kaya nyari jodoh, so kalo udah ga cocok ya tinggalin, nyari yang lain.hahahaha..Hidup terlalu singkat sob buat dijalani ama pilihan yang salah (ceileee. kelolodan sendal..)

Kebanyakan orang dasar buat milih suatu pekerjaan atau pindah dari perusahaan yang satu ke yang lain sih udah bisa ditebak: GAJI!! Ane juga ga munafik, pindah gara-gara nyari gaji yang lebih. Kerja tuh buat nyari duit sob, jadi kalo ada yang bilang buat nyari pengalaman, nyalurin minat, nyalurin hobby, bullshit!! wkakakkaka..

Yang mau ane ingetin mungkin banyak yang sering dilupain, apalagi ama yang baru lulus (freshgraduate), yang "biasanya" dibutakan ama gaji (gak papa, ane juga dulu gitu,hahaha..), ada beberapa hal selain gaji yang musti bener-bener ente pada tau, biar ga nyesel di belakang. Ini berdasarkan pengalaman ane yak, so bukan dari ane baca buku, atau kata-kata orang. Cekidot.

Pertama: Tunjangan Kesehatan
Buat ane tunjangan kesehatan tuh penting buat bro & sist tau dan tanyain secara detail pas wawancara kerja. Biasanya pas wawancara ama HRD gitu. Soalnya yg ngurusin tunjangan/ jaminan kesehatan tuh HRD.
Kita sih pengennya sehat terus yah, tapi sapa tau ada sakit kalo tunjangan kesehatannya bagus kan enak, fasilitas rumah sakit, kaca mata buat yang pake kacamata, dll. Hal ini penting juga buat yg udah berkeluarga, karena anak ama istri tar dimasukin jadi tanggungan perusahaan juga. Buat yg ketrima di perush macam BUMN sih kayaknya gak usah diragukan jaminan kesehatannya, terus yang multinasional juga matep-mantep   (kaya tempat ane gawe, :malus), astra group juga jaminan mutu tuh denger-denger..
Di perusahaan ane pake vendor asuransi kesehatan AVIVA, kalo ada keluhan tinggal ke RS ata klinik yang jd provider, tar di sana tinggal gesek kartu aja, gratis gak usah bayar (*ketentuan berlaku.hahaha..)

Kedua: Jaminan hari tua/ Pensiun/ Pesangon
Poin ini jadi hal paling penting kalo ente-ente pada mau ngendon di satu perusahaan ampe kakek nenek (baca: pensiun). Hal-hal semacam ini harus ada hitam di atas putih, musti masuk dalam pasal Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Besarnya pesangon biasanya diitung dari lamanya ngabdi ama tu perusahaan, makin lama ya makin gede. Perlu ditanyain juga syarat umur biar bisa ngajuin pensiun, terus biasanya ada juga istilah pensiun dini (gak semua perusahaan, di Halliburton ada pensiun dini).

Ketiga: Ada tidaknya uang lembur/ uang lapangan.
Uang lembur perlu ente tau soalnya bakal jadi sangat krusial. Cuma mastiin aja kalo tiap tetesan keringet ente tuh di bayar ama perusahaan. Kalo dari bayangan ama posisi di kerjaan bakal sering overtime tapi di kontrak  kalo lembur ga ada bayaran, tinggalin!! Soalnya rata-rata uang lembur tuh yang bikin gaji ente membengkak kayak sapi glondongan,hahaha..Jadi, rugi sob kalo lembur ente ga di bayar. Tanyain juga kerja diitung lembur dari jam berapa, penting!!
Kalo uang lapangan/ field bonus tuh bonus yg dikasih saat ente ada gawean di luar kantor. Kalo ane sekarang dapetnya field bonus gak dapet overtime, tapi udah lebih dari cukup lah :p.

Keempat: Cari info sebanyak-banyaknya
Seperti kata pepatah: tak kenal maka tak sayang,hahaha..Sebelum pada jatuhin pilihan ama satu perusahaan, ente mesti tau bibit, bebet, bobot tuh perusahaan. Kemana nyarinya? yaelah hari gini? jaman sekarang jamannya online sob, apa sih yang ga ada & ga bisa dicari pake internet. Ane dulu rajin main di kaskus sub forum "dunia kerja & profesi". Disitu ente-ente pada bisa nanya tentang perusahaan yang bakal ente masukin. Tanya hal-hal kaya atmosfir kerja, jenjang karir, dll. kalo beruntung bisa dpt jawaban dari kaskuser yang emang pernah atau malah lagi kerja di perusahaan yg ente lamar. Kan enak tuh.

Udah kali yah sedikit tips buat para jobseeker. Kepanjangen tar malah keburu pada bosen. Next time disambung lagi deh. kalo ada yg punya pertanyaan, silahkan bertanya, bisa lewat twitter, insyaAllah bakal ane jawab sebisa mungkin.

0 komentar:

Post a Comment

 

ajunland Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates